Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

DPR Terus Usulkan Pembentukan Pansus Kebakaran Hutan

DPR Terus Usulkan Pembentukan Pansus Kebakaran Hutan

Jakarta, HanTer - Salah satu inisiator Panitia Khusus (Pansus) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Herman Khaeron mengatakan, pihaknya terus mengusulkan agar segera dibentuk Pansus Karhutla. Sebab itu, pihaknya saat ini sedang memperbaiki materi agar Pansus tersebut segera disahkan dalam sidang paripurna DPR terdekat.

"Kami sedang memperbaiki materinya karena berkaitan mengenai interpelasi, sehingga harus ada pertanyaan yang fiks untuk diajukan dalam paripurna mendatang. Kami baru akan berkonsolidasi dalam waktu dekat, tentu untuk mematangkan," kata Herman Khaeron di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Sebelumnya, Pansus Karhutla dalam sidang paripurna pada Jum'at lalu (30/10) tidak jadi sahkan karena masih ada pro kontra diantara fraksi partai politik di DPR. Menurut Wakil Ketua Komisi IV itu, Pansus Karhutla sangat penting karena untuk menangani dampak kebakaran hutan dan lahan meski bencana asap sudah tidak ada.

Selain itu, Pansus tersebut juga untuk mengintegrasikan antara kementerian, lembaga negara dan DPR untuk mencegah tahun berikutnya terjadi hal yang serupa.

"Karena bukan persoalan asapnya tapi persoalan dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan ini," jelasnya.

Politisi Partai Demokrat (PD) ini mengungkapkan, ada tiga juta hektar lebih lahan yang terbakar. Sehingga ini bisa dikatakan bukan hal sepele yang tidak bisa didiamkan.

"Ini bagaimana untuk merehabilitasinya. Tentu ini harus diintregrasikan dari seluruh komisi dan beberapa kementrian," pungkasnya.

Inisiatur Pansus Karhutla dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Viva Yoga Mauladi, memastikan bakal terus memperjuangkan terbentuknya Pansus ini DPR. Bahkan, dia mengaku pada masa sidang ini, fraksinya kembali menggalang dukungan di parlemen untuk merealisasikan terbentuknya pansus tersebut.

"Nanti akan kita rapatkan lagi dengan para pengusul karena kemarin ditunda, mengingat dari seluruh fraksi belum ada kesepahaman," kata Viva Yoga.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini menjelaskan, pembentukan Pansus Karhutla bertujuan melakukan pendekatan secara komprehensif untuk memahami terjadinya kebakaran hutan dan lahan setiap tahun. Terkait dengan kebijakan pemerintah soal pengelolaan hutan, lahan, tanah dan air di Indonesia. "Targetnya evaluasi kinerja pemerintah berkait fungsi pengawasan DPR," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, Pansus Karhutla nantinya juga akan mengurai kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan hutan dan lahan selama ini. Sebab, penanganannya menyangkut banyak regulasi lain seperti undang-undang kehutanan, pengendalian lingkungan hidup, pencegahan perusakan hutan, perkebunan, agraria, hingga air. "Bagaimana agar kebijakan ini satu pintu, arahnya ke sana," jelasnya.

Untuk itu, FPAN optimis bahwa Pansus Karhutla bakal terbentuk dalam beberapa waktu dekat ini. Dengan dukungan dari fraksi-fraksi lain tentunya. "PAN tetap konsisten, tapi PAN kan tidak bisa sendirian," pungkas Wakil Ketua FPAN di DPR ini.

Sumber: harianterbit.com

(Robbi)

Related Images

  • DPR Terus Usulkan Pembentukan Pansus Kebakaran Hutan

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (156)
Politik (213)
There are gold and diamonds that have to caiso replica watches be earned, and it is rolex replica uk still very interesting to say that the replica watch table that embodies the taste of men has rolex replica watches either gold or diamonds.