Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

TNI Jangan Melukai Hati Rakyat

TNI Jangan Melukai Hati Rakyat

Jakarta -- Proses penggusuran masyarakat nelayan di Luar Batang Jakarta Utara sungguh memilukan hati. Rakyat kehilangan hak-hak hidupnya. Penggusuran rakyat sangat berlebihan karena mengerahkan ribuan aparat pemerintah, dari Satpol PP, Brimob, Polisi, dan TNI Kodam Jaya.

PAN sangat menyayangkan keterlibatan TNI dalam proses penggusuran rakyat karena hal itu bertentangan dengan doktrin TNI bahwa TNI berasal dari rakyat. Rakyat Indonesia sangat membanggakan TNI sebagai garda terdepan yang menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Politik TNI adalah politik negara, artinya bahwa TNI dalam menjalankan proses kehidupan politik harus berdasarkan pada kepentingan bangsa dan negara, tidak boleh berorientasi untuk kepentingan kelompok dan golongan tertentu.

Keterlibatan TNI dalam penggusuran tanah rakyat sangat melukai hati rakyat. Di UU Nomer 34 Tahun 2004 tentang TNI, pasal 7 disebutkan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Adapun tugas TNI dalam membantu tugas pemerintahan di daerah dan membantu kepolisian dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat harusnya TNI lebih selektif dan detil lagi pilihan kebijakannya.

Janganlah berhadap-hadapan dengan rakyat yang digusur tanahnya. Hal itu akan mendelegitimasi kewibawaan TNI di mata dan hati rakyat. Pihak Pemda DKI harus melakukan pendekatan persuasif yang manusiawi dan bermartabat. Lakukan proses dialog dengan rakyat. Ajak makan, minum, bertukar pemikiran dengan rakyat.

Contohlah Pak Jokowi dalam menerapkan kebijakan pembangunan yang menjunjung tinggi martabat kemanusiaan. Jika menyengsarakan rakyat, kenapa kebijakan harus dipaksakan atas nama waktu yang mendesak ? Semua kebijakan pemerintah harusnya dapat dikomunikasikan. Jangan main hajar kepada rakyat sendiri.

Ke depan, janganlah ada lagi keterlibatan TNI dalam proses penggusuran tanah rakyat. Janganlah TNI melukai hatinya rakyat Indonesia.

Sumber: radarpolitik.com

Related Images

  • TNI Jangan Melukai Hati Rakyat

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (137)
Politik (204)