Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

Pasokan Stabil Diyakini Atasi Gejolak Harga Sembako

Pasokan Stabil Diyakini Atasi Gejolak Harga Sembako

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, E Herman Khaeron menegaskan bahwa penataan sistem pasar terutama bagi produk sembako harus segera dilakukan oleh pemerintahan dalam waktu dekat. Langkah tersebut diyakni akan mencegah terulangnya lonjakan harga sembako diwaktu yang akan datang. “Penataan terhadap sistem pasar harus segera dilaksanakan,” tegas Herman dalam acara dialektika demokrasi “Stabilitas Harga Sembako, bersama Dirjen Ketahanan Pangan Kementan dan Direktur Pengadaan Bulog Wahyu, di DPR RI, Kamis, 23 Juni 2016.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penataan sistem pasar itu sendiri. Pertama, lanjut Herman, harus diketahui berapa jumlah konsumsi masyarakat terhadap produk-produk sembako sehari-hari. “Pertama aspek konsumsi. Beras, jagung daging sapi, kedelai, dan gula. Sebenarnya berapa sih jumlah konsumsi masyarakat, sekarang ini kan untuk menyatakan jumlah konsumsi saja masih bingung,” lanjut Herman.

Setelah itu, sambung Herman, perlu dipastikan berapa kemampuan republik ini memproduksi sembako setiap tahunnya. Tanpa ada kepastian, tentu tidak akan mungkin kebijakan yang ditempuh pemerintah mampu mengantisipasi gejolak harga di pasar. “Berikutnya aspek priduksi. Berapa sih jumlah produksi kita? Bagaimana bisa jumlah produksi meningkat seangkan jumlah lahan produksi setiap tahunnya hilang 100 ribu hektar. Ini ada data yang perlu kita pastikan, bahwa data konsumsi dan produksi harus benar,” sambung Herman.

Demkian pula dengan proses distribusi. Herman mendesak agar pemerintah tidak memandang remeh proses distribusi sembako hingga tangan masyarakat yang menjadi konsumen. “Aspek distribusi. Untuk beras saja kita terdiri dari beberapa pulau. Ada 28 provinsi yang tergantung pada 6 provinsi sebagai produsen. Untuk daging 60 persen konsumsi ada di Pulau Jawa. Faktor distribusi ini penting. Kalau harga naik diuris dengan benar, tapi kalau santai dibiarkan saja,” ujar Herman.

Selain itu Herman juga menegaskan perlunya penguatan institusi bidang sembako yang sudah ada selama ini. Sayangnya belakangan ini institusi tersebut seolah-olah tidak difungsikan sebagai sarana stabilisasi harga sembako. “Perkuat institusi yang ada. Jangan sampai Bulog dijadikan pemadam kebakaran dan tidak mampu melakukan tindakan preventif,” kata Herman.

Sementara itu Direktur Pengadaan Bulog, Wahyu mengatakan bahwa stabilisasi harga sembako bisa diselesaikan dengan mengaktifkan fungsi persediaan. Dengan persediaan yang memadai, maka kekosongan pasokan tidak mungkin terjadi. Sebab, kekosongan pasokan di pasar merupakan celah bagi spekluan untuk mengambil keuntungan meski merugikan masyarakat.

“Persediaan itu harus ada dan memadai. Baik beras, daging, dan yang lainnya kita harus punya persediaan. Kita harus punya tempat penyimpangan jika mau menampung semua produksi petani maupun masyarakat,” kata Wahyu. ***

Related Images

  • Pasokan Stabil Diyakini Atasi Gejolak Harga Sembako

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (156)
Politik (213)
There are gold and diamonds that have to caiso replica watches be earned, and it is rolex replica uk still very interesting to say that the replica watch table that embodies the taste of men has rolex replica watches either gold or diamonds.