Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

Menteri Pertanian Siap Tambah Subsidi Pembelian Sperma Sapi di Jatim

Menteri Pertanian Siap Tambah Subsidi Pembelian Sperma Sapi di Jatim

LAMONGAN, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo meminta Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menambah subsidi pembelian sperma sapi untuk Inseminasi Buatan (IB). Bahkan, kalau bisa biaya IB digratiskan.

“Saya meminta kepada Bapak Menteri, supaya harga untuk IB bisa turun. Karena lebih baik menurunkan pendapatan dari IB, tapi kesejahteraan peternak naik,” pinta Soekarwo kepada Amran yang hadir dalam acara panen pedet (anakan sapi) dan Pencanangan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) di Waduk Gondang, Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2016).

Permintaan tersebut disampaikan kepada Amran karena menurut Soekarwo, Jatim siap meningkatkan anakan hasil IB sehingga bisa meningkatkan populasi ternak sapi yang ada di wilayahnya.

“Sebab di Jawa Timur sendiri, dari 1,3 juta sapi yang dilakukan IB, sukses melahirkan 1.050 juta ekor anakan sapi. Sementara, keseluruhan populasi ternak sapi yang ada di Jatim tercatat 4.267 juta ekor,” tambahnya.

Menteri Amran yang menghadiri acara bersama anggota Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi menyatakan siap menyanggupi permintaan gubernur Jatim. Sebab usulan Pakde Karwo, dianggap sesuai dengan visi yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami bekerja sesuai dengan visi Bapak Presiden Jokowi, menjadi pelayan bagi masyarakat. Saya sanggupi permintaan Pak Gubernur tadi. Apalagi di sini juga hadir rekan kerja dari Komisi IV, Pak Viva Yoga Mauladi,” kata Amran.

Sementara itu, Bupati Lamongan Fadeli menambahkan, potensi ternak sapi yang ada di Kabupaten Lamongan cukup besar, karena didukung ketersediaan pakan dari perkebunan tebu dan jagung yang cukup melimpah.

“Total untuk saat ini, sudah ada populasi sebanyak 101.790 ekor di Lamongan. Di mana sampai Bulan Agustus 2016, kelahiran pedet hasil IB di Lamongan sudah mencapai 15.138 ekor,” tutur Fadeli.

Related Images

  • Menteri Pertanian Siap Tambah Subsidi Pembelian Sperma Sapi di Jatim

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (137)
Politik (204)