Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

PAN Tidak Terpengaruh Manuver PD Merapat ke Jokowi

PAN Tidak Terpengaruh Manuver PD Merapat ke Jokowi

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, menyatakan pihak tak terlalu terpengaruh dengan pernyataan Partai Demokrat (PD) soal kemungkinan mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Apakah akhirnya PD bergabung ke koalisi partai politik (parpol) pendukung Jokowi atau tidak, PAN akan memutuskan sendiri posisinya.‎

Sebelumnya, PAN menjajaki koalisi dengan PD dan PKB untuk membentuk poros ketiga di pilpres 2019. Tujuannya adalah mengusung calon baru di luar nama Jokowi dan Prabowo yang selama ini menguat. Namun, saat rapimnas PD, akhir pekan lalu, Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono justru memberi sinyal bahwa partainya berpotensi merapat ke Jokowi.

"PAN akan independen menentukan pilihan sendiri di Pilpres 2019," kata Viva Yoga Mauladi, Senin (12/3).

"Kemanapun PD berlabuh, itu adalah pilihan terbaik bagi PD. PAN tidak akan mencampuri dan atau mempengaruhi terhadap pilihan partai politik masing-masing," katanya lagi.

‎Dilanjutkan Viva, posisi politik PAN di Rapat Kerja Nasional tahun 2017 lalu telah memutuskan bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan dicalonkan di Pemilu Presiden 2019. Untuk keputusan akhirnya, apakah maju atau tidak, rakernas memberikan otoritas kepada Zulkifli untuk memutuskan.

"Di akhir Maret 2018 nanti PAN akan melaksanakan rakernas lagi yang akan memutuskan posisi akhir PAN, termasuk Bang Zulhasan di Pilpres 2019," tukasnya.

Pria yang duduk juga sebagai Wakil Ketua Fraksi PAN itu menyatakan bahwa bergabungnya PD ke Jokowi tak terlalu dilihat sebagai sesuatu yang akan membuat daya tawar politik PAN melemah. Karena yang ditarget PAN adalah di pilpres mendatang tak boleh ada calon presiden tunggal. Harus ada kompetisi sebagai bentuk pengejahwantahan kehendak rakyat yang memiliki pilihan berbeda di Pilpres.

"Semua pilihan rakyat yang berbeda, jika dilihat dari hasil lembaga survei, harus ditampung melalui kontestasi dan kompetisi yang lebih dari satu pasangan calon di pilpres 2019," tandasnya


Sumber: BeritaSatu.com

Tag: PAN, politik

Related Images

  • PAN Tidak Terpengaruh Manuver PD Merapat ke Jokowi
  • PAN Tidak Terpengaruh Manuver PD Merapat ke Jokowi

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (156)
Politik (213)
There are gold and diamonds that have to caiso replica watches be earned, and it is rolex replica uk still very interesting to say that the replica watch table that embodies the taste of men has rolex replica watches either gold or diamonds.