Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

Parliamentary Threshold Disepakati 2,5%

Parliamentary Threshold Disepakati 2,5%

Bisnis Indonesia - Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Ida Fauziah mengatakan angka ambang batas parliamentary threshold untuk tingkat nasional disepakati tetap 2,5% kendati sejumlah usulan bermunculan.

"Fraksi-fraksi di Baleg hingga kini sepakat untuk PT adalah 2,5% dan itu berlaku untuk DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," ujarnya kemarin.

Politisi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menilai angka itu cukup ideal dan dia optimistis tidak akan melebihi angka 5%.

Menurut dia, sejumlah partai besar mengharapkan ambang batas PT dinaikkan sampai 10%. Partai Golkar pernah mengusulkan PT pada kisaran 5-10%, sedangkan Partai Demokrat mengusulkan 4%. Untuk partai menengah dan partai kecil, angka PT cenderung pada posisi 2,5%.

Ida mengatakan kini Baleg terus mendorong Komisi II DPR untuk segera menyelesaikan pembahasan mengenai ambang batas parlemen yang memang berjalan cukup sulit di Komisi II. Sejumlah lembaga survei telah memprediksi kenaikan ambang batas akan membunuh eksistensi partai kecil bahkan menengah di parlemen.

Akbar Faizal mengatakan peningkatan PT menjadi 5% sampai 10% tidak akan bisa menjawab persoalan potret buram praktik demokrasi di negeri ini.

"Selama belum ada rekrutmen kader oleh partai dengan jelas, saya tidak yakin kalau persoalan demokrasi akan terjawab," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut mantan anggota Panitia Khusus Century ini, partainya hanya sepakat bila PT dinaikkan menjadi 3% dari sebelumnya yang hanya 2,5%.

Akbar menambahkan Hanura yang banyak disebut-sebut partai gurem sebenarnya sepakat menaikkan ambang batas untuk penguatan partai. "Tapi apakah itu akan menjawab permasalahan Demokrasi dengan efektif dan benar?"

Dapil tetap 77

Terkait dengan daerah pemilihan (dapil) pada draf Undang-undang Pemilu, anggota Baleg dari Fraksi PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa fraksi-fraksi sepakat jumlah dapil tetap sebanyak 77 sebagaimana yang terdapat dalam Draf RUU Pemilu.

Tag:

Related Images

  • Parliamentary Threshold Disepakati 2,5%

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (151)
Politik (208)