Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Berita

Pemerintah Didesak Segera Penuhi Kebutuhan Beras di Pasar Induk

Pemerintah Didesak Segera Penuhi Kebutuhan Beras di Pasar Induk

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Koperasi Pedagang Pasar Induk Cipinang (Koppic Jaya), Zulkifly Rasyid, meminta pemerintah untuk cepat mengambil tindakan terkait kenaikan harga beras yang signifikan dipasaran sejak beberapa waktu lalu.

Zulkifli mengatakan, sejak kenaikan harga beras pada Januari lalu, dirinya telah meminta agar pemerintah hingga Presiden bisa cepat tanggap mengambil tindakan agar masalah kenaikan harga beras bisa tidak meluas.

"Sebenarnya kalau harga beras dipasaran ini masyarakat sudah tahu, sebulan silam saya sudah SMS pak Menteri, saya SMS pak Presiden, SMS pak Gubernur. Mengatakan bahwa hati-hati, ini kritis tapi tidak ada ditanggapi, saya sempat mengatakan itu, pemerintah tidak tanggap dengan kenaikan harga beras," ujar Zulkifly, dalam program Bincang Pagi Metro TV, Selasa (24/2/2015).

Sekarang, lanjut Zulkifly, tidak ada jalan lain kecuali pemerintah mengucurkan stok beras yang ada dulu untuk sementara ke pasar induk.

"Dan saya berpendapat di sini pak Menteri mengatakan bahwa mau OP melalui kelurahan dan pasar-pasar wilayah DKI itu tidak efektif, walaupun pak Menteri membungkus beras 5 kilogram antarkan ke setiap rumah, itu tidak akan menurunkan harga beras di pasaran. Kalau induk lengkap, induk penuh, wah semua pasar wilayah itu bagus," paparnya.

Senada dengan Zulkifly, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN Viva Yoga Mauladi juga mengatakan bahwa kenaikan harga beras yang mencapai sekitar Rp2.500 ini sudah harus segera mendapat penanganan pemerintah agar segera dikendalikan.

Viva juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan ke Badan Urusan Logistik (Bulog) terkait ketersediaan beras, dia mengatakan bahwa stok beras saat ini yang ada di Bulog masih sangat mencukupi jika digelontorkan ke pasar-pasar.

"Ini merupakan sesuatu yang baru yah, lonjakan harga beras sedemikian tinggi pada masa sebelumnya tidak ada. Kemudian kami melakukan kroscek seberapa besar sih stok beras di bulog, dari informasi ternyata masih ada 1,8 juta ton, cukup untuk enam bulan. Itu saja digelontorkan ke seluruh pasar-pasar termasuk pasar induk, biar apa? Harga bisa turun. Tidak usah kita mencari kambing hitam, siapa yang salah, siapa yang paling super pahlawan, karena tugas dari pemerintah memang pengendalian stok dan harga," tegasnya.
AHL

Tag:

Related Images

  • Pemerintah Didesak Segera Penuhi Kebutuhan Beras di Pasar Induk

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.
Kategori
Komisi (151)
Politik (208)